Monday, August 31, 2009

Kelompok saya yang bernamakan UP Family telah menentukan panti asuhan tempat kami akan melakukan service learning yaitu di Panti Asuhan Rumah Kehidupan. Lokasi yang dekat, tidak ada dalam daftar panti asuhan yang diberikan Bu Arlinah dan pengalaman SMA saya yang pernah melakukan service learning di panti ini yang membuat saya dan kelompok saya memilih panti asuhan ini. Kemarin pada hari minggu tepatnya tanggal 30 Agustus 2009 sekitar pukul 15.00 melakukan observasi dan survey langsung ke panti asuhan untuk meminta ijin melakukan survey learning. Saat itu saya menemui Mbak Rika yang merupakan pengurus panti asuhan dan biasa dipanggil "mama" oleh anak - anak panti asuhan tersebut. Mbak Rika juga menerima kehadiran saya dengan ramah dan terbuka sehingga pembicaraan berjalan lancar tanpa hambatan dan bisa segera mendapat ijin. Saya berada di panti asuhan itu kurang lebih 15 menit. Saya menjelaskan kedatangan saya sebagai mahasiswi Uniersitas Kristen Petra yang mempelajari pelajaran komunikasi interpersonal dan mendalami service learning dan hendak mempraktekkannya dalam panti asuhan ini. Pihak panti asuhan juga sudah menyetujui kedatangan saya dan kelompok pada bulan Oktober selama 6 minggu. Saat saya menanyakan profil singkat, sejarah beserta jajaran pengurus panti asuhan, Mbak Rika segera menjawab dengan memberikan webstie dari panti asuhan ini yaitu www.rumahkehidupan.org.
Anak - anak yang diasuh di panti asuhan ini berjumlah 10 anak yang terdiri dari 3 perempuan dan 7 laki - laki yang berumur rata - rata 4 tahun hingga 6 tahun. Selain itu juga ada 6 bayi yang terlihat sedang bersantai ketika saya datang.
Jadi kesimpulan saya komunikasi interpersonal yang saya lakukan terhadap Mbak Rika yang merupakan pengurus panti asuhan dianggap sukses karena saya bisa langsung menyampaikan tujuan dan keinginan saya serta mendapatkan feedback message positif yang baik dari Mbak Rika. Semoga kegiatan service learning kelompok saya bisa berjalan dengan baik di bulan Oktober jadi baik pihak saya dan panti asuhan bisa saling membantu.

No comments:

Post a Comment