Monday, October 19, 2009

Bank Panitia ~ Divisi Acara

Tgl 14 Oktober 2009 saya datang acara bank panitia HIMA di P203.
Disana saya masuk ke divisi acara dan ketua HIMA INFRA yaitu Rico memberikan penjelasan mengenai job desk acara yaitu :
1. Menentukan konsep sebuah acara
Konsep acara didapat dari visi misi ketua acara.
Visi misi yang didapat dari ketua acara harus bisa diolah oleh divisi acara yang tujuan akhirnya adalah peserta bisa mengerti visi ketua acara.
Divisi acara harus bisa menyampaikan visi misi ketua acara baru dianggap berhasil melakukan tugasnya.
2. Menentukan detail acara
Setelah membayangkan acaranya divisi acara merencanakan bagaimana acara berjalan
3. Menentukan PIC (Person in Charge)
PIC bertugas bekerja langsung dilapangan
4. Menentukan MC (Master of Ceremony)
5. Menghubungi pihak'' terkait
Misalnya pembicara atau pengisi acara
6. Berkoordinasi dengan divisi'' yang ada
Untuk menjelaskan bagaimana tema
7. Mengawasi acara (time keeper)
Agar seluruh acara bisa jalan sesuai jadwal dengan baik

Lalu sebagai divisi acara kemampuan menjadi MC juga diperlukan agar tidak perlu memanggil MC dari luar.
Hal - hal penting yang diperlukan saat menjadi MC :
1. Pengaturan bhs yang baik
Tidak boleh ada dialeg asal
2. Punya bhs tubuh yang bagus
Misalya ketika hendak berdoa MC menutup mata dan menundukan kepala sehingga peserta akan turut menutup mata dan menundukan kepala
3. Mengenali peserta
4. Interaktif
Sehingga peserta tidak bosan dengan acara yang ada
5. Harus slalu ada pikiran
Hal ini diperlukan jika ada gangguan seperti telatnya pembicara maka MC bisa menyiasati acara

Belajar menjadi panitia divisi acara yang baik!!
SEMANGAAAT!!^^

No comments:

Post a Comment